7 Cara Memimpin Perusahaan Dengan Lebih Baik


Kita sadari bahwa, sebagai pengusaha, perlu memakai banyak topi atau pemikiran yang berbeda-beda. Pemimpin sering bertanggung jawab atas berbagai tugas, mulai dari pemasaran dan pengembangan bisnis hingga akuntansi dan pengendalian inventaris. Namun, ketika bisnis tumbuh dan mulai melihat arus kas yang semakin baik, saya menyarankan para wirausahawan untuk mendapatkan bantuan atas tugas-tugas yang dapat dialihkan kepada orang yang dapat dipercaya sehingga tidak dikerjakan sendiri semuanya. Pada titik itu, memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik sangat penting untuk kesuksesan dan pertumbuhan usaha.

Banyak pengusaha besar akhirnya mendapat bantuan dari orang-orang yang lebih baik dalam tugas-tugas tertentu daripada tangani sendiri sehingga kami bisa melakukan kegiatan lainnya yang lebih produktif untuk usaha. Misalnya, kami bukan pengembang, jadi jika proyek membutuhkan pengembangan perangkat lunak, kami merekrut untuk itu. Tak satu pun dari kami suka berurusan dengan tugas akuntansi, jadi kami memiliki orang untuk melakukan itu untuk kami juga.

Setelah Anda mulai memiliki karyawan lepas atau karyawan tetap, Anda perlu memahami pentingnya menjadi pemimpin yang baik. Jika Anda melakukannya, Anda akan menghemat banyak waktu dan uang untuk mempekerjakan kembali dan melatih kembali untuk posisi yang sama, dan Anda akan menciptakan budaya di mana orang selalu ingin melakukan yang terbaik. Berikut tips saya untuk menjadi pemimpin yang berpengetahuan luas:

1. Bekerja dengan tim Anda.

Anda harus bekerjasama dengan orang-orang yang Anda pimpin sehingga terjalin kerjasama yang baik. Dalam konteks kewirausahaan, ini berarti Anda juga perlu turun tangan memberikan ide konten untuk blog atau media sosial usaha Anda dan memberi solusi atas masalah-masalah yang dialami pelanggan Anda. Untuk sepenuhnya memahami orang-orang yang Anda pimpin dan bagaimana Anda harus memimpin mereka, Anda perlu melakukan pekerjaan yang mereka lakukan.

2. Bersikaplah rendah hati.

Tidak ada yang mau bekerja kepada orang yang kaku dan egois. Saat pemimpin mengakui kesalahan hal ini dapat menjadi contoh bagi bawahan Anda saat melakukan kesalahan mereka pun akan mengakui dan memperbainya, dari pada menyapunya kedalam karpet. Para pemimpin hebat tidak takut untuk mengakui bahwa mereka tidak sempurna. Saat Anda cukup rendah hati untuk berbagi hambatan – dan cara Anda mengatasi hambatan itu – dengan tim Anda, Anda akan memperkuat bisnis dan membangun budaya yang lebih kohesif.

3. Memahami bahwa tidak ada yang sempurna.

Seorang pemimpin yang efektif mendorong tim mereka untuk berjuang untuk tujuan besar, tetapi tidak cepat untuk menilai atau mencaci maki jika kebesaran itu tidak segera tercapai. Sebaliknya, pemimpin membantu tim mereka membangun keterampilan yang ada dan menciptakan yang baru. Ketika seseorang membuat kesalahan, bantu orang itu belajar dari kesalahan itu alih-alih memarahi mereka karena mengacau. Kemajuan membutuhkan kesabaran, dan seorang pemimpin yang baik memahami hal itu.

4. Menginspirasi orang.

Mengapa orang harus mengikuti apa yang Anda lakukan atau katakan? Jika jawaban Anda hanya “Karena saya bilang begitu,” Anda seorang manajer (dan bukan yang sangat baik), bukan seorang pemimpin. Orang-orang harus mengikuti Anda karena mereka percaya pada misi Anda. Untuk menjadi pemimpin yang berpengetahuan luas, Anda perlu membagikan misi itu dengan jelas, singkat dan dengan cara yang mengilhami orang untuk bekerja menuju tujuan yang sama.

5. Terus belajar.

Demi tim Anda dan seluruh bisnis Anda, jangan menjadi tipe pemimpin yang sudah ketinggalan zaman yang pengetahuannya tidak lagi memiliki aplikasi praktis. Berusahalah untuk belajar lebih banyak tentang industri Anda, tim Anda, dan dunia setiap hari. Perspektif keseluruhan Anda harus diperluas untuk memberi ruang bagi orang-orang baru dan inovasi. Mereka yang Anda pimpin akan lebih percaya diri pada seseorang yang mengakui bahwa mereka tidak tahu segalanya tetapi terus belajar.

6. Menilai bagaimana orang memandang Anda.

Gaya dan reputasi kepemimpinan Anda harus sesuai dengan bisnis dan tujuan Anda. Apakah Anda menjalankan situs web yang membantu pengasuh anak lokal menemukan keluarga yang membutuhkan penitipan anak?
Sikap yang penuh kasih dan mengutamakan orang akan membuat tim Anda dan publik lebih nyaman dengan bisnis Anda. Jika Anda menemukan kutipan asuransi yang terjangkau tanpa biaya tersembunyi untuk individu kelas menengah, Anda mungkin ingin dikenal sebagai tipe yang cepat, andal, tanpa basa-basi.

Reputasi Anda di komunitas Anda dan di tempat kerja Anda sendiri dapat memengaruhi cara tim Anda beroperasi, jadi periksa setiap sekarang dan kemudian untuk memastikan persepsi Anda sesuai dengan tujuan Anda. Jadilah diri sendiri, tetapi sadarilah bagaimana persepsi tim Anda dan publik terhadap Anda memengaruhi bisnis Anda.

7. Jangan buang waktu orang.

Tenaga kerja hari ini menghargai para pemimpin yang menghargai waktu mereka. Memegang huddle selama satu jam di awal setiap hari kerja mungkin akan membuktikan sebaliknya. Temukan cara untuk berkomunikasi dengan tim Anda yang cepat dan mudah. Biarkan karyawan Anda bekerja dengan cara yang menurut mereka paling efisien, baik itu sendiri, dalam tim atau bahkan di rumah. Semakin Anda menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu orang lain, semakin banyak tim Anda akan berusaha memenuhi tujuan bersama Anda – dan semakin cepat Anda semua akan sampai di sana.

Leave a Comment